Sabtu, 24 November 2012

Materi Dasar Microsoft Excel



 
Memasukkan formulaMicrosoft Excel sering digunakan untuk membuat lembar kerja yang banyakmenggunakan perhitungan maupun pengujian isi suatu sel lembar kerja. Dalam melakukanperhitungan maupun pengujian tersebut, rumus yang banyak dipakai adalah rumusmatematika, rumus statistika, dan operator logika.Beberapa operator matematika yang sering digunakan untuk melakukanperhitungan, antara lain :



  1. + (plus) : penjumlahan

  1.   (minus) : pengurangan

  1. * (kali) : perkalian

  1. / (bagi) : pembagian

  1. ^ (pangkat) : pemangkatan

  1. SQRT : akar kuadrat

Untuk menggunakan semua fungsi di dalam Excel, Anda harus mengawalinya denganmenekan tanda sama dengan ( = ), misalnya:

  1. =5*4-3 hasilnya 17

  1. =5*(4-3) hasilnya 5

  1. =10+15/2 hasilnya 17,5

  1. =(10+15)/2 hasilnya 12,5

  1. =10+15*3 hasilnya 55

  1. =(10+15)*3 hasilnya 75

Perlu diingat bahwa proses penghitungan dilakukan dengan cara mendahulukanderajad perhitungan yang lebih tinggi, yaitu perkalian dan pembagian dihitung lebihdahulu daripada penjumlahan dan pengurangan.2.

Menggunakan Alamat Relatif dan AbsolutPada saat membuat atau menyelesaikan lembar kerja dengan Microsoft Excel makakita sering menggunakan alamat relatif dan sekali-sekali menggunakan alamat Absolut.a.

Alamat Sel Relatif Alamat relatif adalah alamat sel yang berisikan data formula (rumus), yakni datadi dalam suatu sel yang diperoleh dengan memasukkan rumus. Data formula bisadilihat pada worksheet akan tampak berupa angka, tetapi apabila dilihat pada formulabar, yang terlihat adalah rumusnya.b.

Alamat Sel AbsolutYang dimaksud dengan alamat absolut adalah alamat sel lembar kerja yangbersifat tetap. Bila dilakukan pengopian atau pemindahan lembar kerja maka seltersebut tidak akan bergeser (tetap pada tempatnya).3.

Fungsi StatistikaAda beberapa fungsi statistika yang sering digunakan pada saat bekerja denganMicrosoft Excel. Fungsi-fungsi yang dimaksud, antara lain sebagai berikut :

a. =SUM(range) : Menjumlahkan data dalam range
b. =AVERAGE(range) : Mencari rata-rata data dalamrange
c. =MAX(range) : Mencari data tertinggi dalam range
d. =MIN(range) : Mencari data terendah dalam range
e. =VAR(range) : Mencari nilai variance dalam range
f. =STDEV(range) : Mencari standar deviasi dalam range sampel data
g. =COUNT(range) : Mencari banyaknya data dalam range

 
4. DATE Fungsi ini digunakan untuk menampilkan angka seri dari suatu data tanggal. Bentukumum pemasukan data tanggal adalah sebagai berikut :
=DATE(Tahun, Bulan, Tanggal)
Contoh :Untuk menuliskan tanggal 17 Juli 1967, caranya adalah: =DATE(67,07,17) atau diketiklangsung: 17-Jul-67.

1) Fungsi = DAY 
Digunakan untuk menampilkan angka tanggal dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =DAY(A1) adalah17.

2) Fungsi = MONTH
Digunakan untuk menampilkan angka bulan dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =MONTH(A1)adalah 7.


3) Fungsi = YEAR
Digunakan untuk menampilkan angka tahun dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =YEAR(A1)adalah 67.

4) Fungsi = WEEKDAY 
Digunakan untuk menampilkan angka hari dalam satu minggu (pekan). Urutan angkadan nama hari adalah sebagai berikut:
Angka Nama Hari
1          Minggu (Sunday)
2          Senin (Monday)
3          Selasa (Tuesday)
4          Rabu (Wednesday)
5          Kamis (Thursday)
6          Jumat (Friday)
7          Sabtu (Saturday)Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =WEEKDAY(A1)adalah 2.

5. Fungsi =TIME 
Fungsi ini digunakan untuk melakukan perhitungan waktu yang diwakili dengan angka. Angka yang mewakili waktu adalah angka pecahan yang berkisar antara 0 dan 1.Jam 0.00 tengah malam diwakili oleh 0. Jam 06.00 pagi oleh 0,25. Jam 12.00 siang oleh 0,5.Jam 18.00 sore oleh 0,75. Bentuk umum dari fungsi =TIME adalah:

=TIME(Jam,Menit,Detik)
Dalam mengetikkan waktu, Anda sebaiknya menggunakan sistem 24 jam, artinya jam 4 sore kita tulis 16.00.Misal: =TIME(12,0,0), artinya jam 12 siang, memberikan nilai 0,5=TIME(18,0,0), artinya jam 6 sore, memberikan nilai 0,75


6. Fungsi = IF 
Fungsi ini digunakan untuk menguji kebenaran isi sel lembar kerja. Bentuk umumdari fungsi =IF adalah:

=IF(Ekspresi logika,Pilihan1,Pilihan2)
Jika dalam menguji isi sel lembar kerja dinyatakan benar, maka yang diambil adalah”Pilihan1”, tetapi jika tidak yang diambil “Pilihan2”

 
Contoh:1)

=IF(A1=L,Laki-laki,Perempuan)Artinya, jika sel A1 berisi L maka pilihannya Laki-laki, Jika tidak L maka pilihannyaadalah Perempuan.2)

=IF(B5>=6,Lulus,Mengulang)Artinya, Jika sel B5 nilainya >=6 maka jawabannya Lulus, jika tidak jawabannya adalahMengulang.7.

Fungsi TeksTeks adalah data yang berjenis label (karakter atau huruf). Microsoft Excel banyakmempunyai fungsi yang berhubungan dengan data label, seperti : Left, Mid, Right, Upper,Lower, dan Proper.

a. Fungsi =LEFT(String,n)
Untuk mengambil karakter dari sebelah kiri pada string. n, menunjukkan jumlahkarakter yang diambil.
Contoh :=LEFT(Komputer,5) Enter, hasilnya : Kompu=LEFT(A1,3) Enter, hasilnya : Mic (jika A1 berisi Microsoft)

 b. Fungsi =RIGHT(String,n)
Untuk mengambil karakter dari sebelah kanan pada string. n, menunjukkan jumlahkarakter yang diambil.
Contoh :=RIGHT(Komputer,4) Enter, hasilnya : uter=RIGHT(A1,7) Enter, hasilnya : crosoft (jika A1 berisi Microsoft)


c. Fungsi =MID(String,n1,n2)
Untuk mengambil karakter di tengah pada string
yang dimulai dari n1sebanyak n2.
Contoh :=MID(Komputer,4,3) Enter, hasilnya : put=MID(A1,3,4) Enter, hasilnya : cros (jika A1 berisi Microsoft)

8.Fungsi Pembacaan Tabel
Microsoft Excel menyediakan fasilitas pembacaan tabel. Tabel disini berfungsi untukmemandu pengisian lembar kerja.


a. Fungsi =VLOOKUP 

Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus(vertikal). Bentuk umum dari fungsi =VLOOKUP adalah sebaagi berikut :
=VLOOKUP(Sel Kunci,Range Tabel,Offset Kolom)
Sel kunci adalah kolom yang menjadi kunci dalam pembacaan tabel data.
RangeTable adalah daerah yang disorot (range) pada tabel pembanding. Offset kolom adalah kolomyang akan dibaca pada tabel data.

B. Fungsi =HLOOKUP 

Fungsi ini digunakan untuk membaca data yang disusun secara mendatar (horizontal).Adapun bentuk umumnya :
= HLOOKUP(Sel Kunci,Range Tabel,Offset Baris


 
MATERI MICROSOFT EXCEL1.

Memasukkan formulaMicrosoft Excel sering digunakan untuk membuat lembar kerja yang banyakmenggunakan perhitungan maupun pengujian isi suatu sel lembar kerja. Dalam melakukanperhitungan maupun pengujian tersebut, rumus yang banyak dipakai adalah rumusmatematika, rumus statistika, dan operator logika.Beberapa operator matematika yang sering digunakan untuk melakukanperhitungan, antara lain :


  1. + (plus) : penjumlahan

  1.   (minus) : pengurangan

  1. * (kali) : perkalian

  1. / (bagi) : pembagian

  1. ^ (pangkat) : pemangkatan

  1. SQRT : akar kuadrat

Untuk menggunakan semua fungsi di dalam Excel, Anda harus mengawalinya denganmenekan tanda sama dengan ( = ), misalnya:

  1. =5*4-3 hasilnya 17

  1. =5*(4-3) hasilnya 5

  1. =10+15/2 hasilnya 17,5

  1. =(10+15)/2 hasilnya 12,5

  1. =10+15*3 hasilnya 55

  1. =(10+15)*3 hasilnya 75

Perlu diingat bahwa proses penghitungan dilakukan dengan cara mendahulukanderajad perhitungan yang lebih tinggi, yaitu perkalian dan pembagian dihitung lebihdahulu daripada penjumlahan dan pengurangan.2.

Menggunakan Alamat Relatif dan AbsolutPada saat membuat atau menyelesaikan lembar kerja dengan Microsoft Excel makakita sering menggunakan alamat relatif dan sekali-sekali menggunakan alamat Absolut.a.

Alamat Sel Relatif Alamat relatif adalah alamat sel yang berisikan data formula (rumus), yakni datadi dalam suatu sel yang diperoleh dengan memasukkan rumus. Data formula bisadilihat pada worksheet akan tampak berupa angka, tetapi apabila dilihat pada formulabar, yang terlihat adalah rumusnya.b.

Alamat Sel AbsolutYang dimaksud dengan alamat absolut adalah alamat sel lembar kerja yangbersifat tetap. Bila dilakukan pengopian atau pemindahan lembar kerja maka seltersebut tidak akan bergeser (tetap pada tempatnya).3.

Fungsi StatistikaAda beberapa fungsi statistika yang sering digunakan pada saat bekerja denganMicrosoft Excel. Fungsi-fungsi yang dimaksud, antara lain sebagai berikut :

a. =SUM(range) : Menjumlahkan data dalam range
b. =AVERAGE(range) : Mencari rata-rata data dalamrange
c. =MAX(range) : Mencari data tertinggi dalam range
d. =MIN(range) : Mencari data terendah dalam range
e. =VAR(range) : Mencari nilai variance dalam range
f. =STDEV(range) : Mencari standar deviasi dalam range sampel data
g. =COUNT(range) : Mencari banyaknya data dalam range

 
4. DATE Fungsi ini digunakan untuk menampilkan angka seri dari suatu data tanggal. Bentukumum pemasukan data tanggal adalah sebagai berikut :
=DATE(Tahun, Bulan, Tanggal)
Contoh :Untuk menuliskan tanggal 17 Juli 1967, caranya adalah: =DATE(67,07,17) atau diketiklangsung: 17-Jul-67.

1) Fungsi = DAY 
Digunakan untuk menampilkan angka tanggal dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =DAY(A1) adalah17.

2) Fungsi = MONTH
Digunakan untuk menampilkan angka bulan dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =MONTH(A1)adalah 7.


3) Fungsi = YEAR
Digunakan untuk menampilkan angka tahun dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =YEAR(A1)adalah 67.

4) Fungsi = WEEKDAY 
Digunakan untuk menampilkan angka hari dalam satu minggu (pekan). Urutan angkadan nama hari adalah sebagai berikut:
Angka Nama Hari
1          Minggu (Sunday)
2          Senin (Monday)
3          Selasa (Tuesday)
4          Rabu (Wednesday)
5          Kamis (Thursday)
6          Jumat (Friday)
7          Sabtu (Saturday)Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =WEEKDAY(A1)adalah 2.

5. Fungsi =TIME 
Fungsi ini digunakan untuk melakukan perhitungan waktu yang diwakili dengan angka. Angka yang mewakili waktu adalah angka pecahan yang berkisar antara 0 dan 1.Jam 0.00 tengah malam diwakili oleh 0. Jam 06.00 pagi oleh 0,25. Jam 12.00 siang oleh 0,5.Jam 18.00 sore oleh 0,75. Bentuk umum dari fungsi =TIME adalah:

=TIME(Jam,Menit,Detik)
Dalam mengetikkan waktu, Anda sebaiknya menggunakan sistem 24 jam, artinya jam 4 sore kita tulis 16.00.Misal: =TIME(12,0,0), artinya jam 12 siang, memberikan nilai 0,5=TIME(18,0,0), artinya jam 6 sore, memberikan nilai 0,75


6. Fungsi = IF 
Fungsi ini digunakan untuk menguji kebenaran isi sel lembar kerja. Bentuk umumdari fungsi =IF adalah:

=IF(Ekspresi logika,Pilihan1,Pilihan2)
Jika dalam menguji isi sel lembar kerja dinyatakan benar, maka yang diambil adalah”Pilihan1”, tetapi jika tidak yang diambil “Pilihan2”

 
Contoh:1)

=IF(A1=L,Laki-laki,Perempuan)Artinya, jika sel A1 berisi L maka pilihannya Laki-laki, Jika tidak L maka pilihannyaadalah Perempuan.2)

=IF(B5>=6,Lulus,Mengulang)Artinya, Jika sel B5 nilainya >=6 maka jawabannya Lulus, jika tidak jawabannya adalahMengulang.7.

Fungsi TeksTeks adalah data yang berjenis label (karakter atau huruf). Microsoft Excel banyakmempunyai fungsi yang berhubungan dengan data label, seperti : Left, Mid, Right, Upper,Lower, dan Proper.

a. Fungsi =LEFT(String,n)
Untuk mengambil karakter dari sebelah kiri pada string. n, menunjukkan jumlahkarakter yang diambil.
Contoh :=LEFT(Komputer,5) Enter, hasilnya : Kompu=LEFT(A1,3) Enter, hasilnya : Mic (jika A1 berisi Microsoft)

 b. Fungsi =RIGHT(String,n)
Untuk mengambil karakter dari sebelah kanan pada string. n, menunjukkan jumlahkarakter yang diambil.
Contoh :=RIGHT(Komputer,4) Enter, hasilnya : uter=RIGHT(A1,7) Enter, hasilnya : crosoft (jika A1 berisi Microsoft)


c. Fungsi =MID(String,n1,n2)
Untuk mengambil karakter di tengah pada string
yang dimulai dari n1sebanyak n2.
Contoh :=MID(Komputer,4,3) Enter, hasilnya : put=MID(A1,3,4) Enter, hasilnya : cros (jika A1 berisi Microsoft)

8.Fungsi Pembacaan Tabel
Microsoft Excel menyediakan fasilitas pembacaan tabel. Tabel disini berfungsi untukmemandu pengisian lembar kerja.


a. Fungsi =VLOOKUP 

Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus(vertikal). Bentuk umum dari fungsi =VLOOKUP adalah sebaagi berikut :
=VLOOKUP(Sel Kunci,Range Tabel,Offset Kolom)
Sel kunci adalah kolom yang menjadi kunci dalam pembacaan tabel data.
RangeTable adalah daerah yang disorot (range) pada tabel pembanding. Offset kolom adalah kolomyang akan dibaca pada tabel data.

B. Fungsi =HLOOKUP 

Fungsi ini digunakan untuk membaca data yang disusun secara mendatar (horizontal).Adapun bentuk umumnya :
= HLOOKUP(Sel Kunci,Range Tabel,Offset Baris


Download Klik DiahNurAwaliyah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

  • sobat bisa menambahkan dengan yang lain bila mau
 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design