Memasukkan
formulaMicrosoft Excel sering digunakan untuk membuat lembar kerja yang
banyakmenggunakan perhitungan maupun pengujian isi suatu sel lembar kerja.
Dalam melakukanperhitungan maupun pengujian tersebut, rumus yang banyak dipakai
adalah rumusmatematika, rumus statistika, dan operator logika.Beberapa operator
matematika yang sering digunakan untuk melakukanperhitungan, antara lain :
- + (plus) : penjumlahan
- (minus) : pengurangan
- * (kali) : perkalian
- / (bagi) : pembagian
- ^ (pangkat) : pemangkatan
- SQRT : akar kuadrat
Untuk
menggunakan semua fungsi di dalam Excel, Anda harus mengawalinya denganmenekan
tanda sama dengan ( = ), misalnya:
- =5*4-3 hasilnya 17
- =5*(4-3) hasilnya 5
- =10+15/2 hasilnya 17,5
- =(10+15)/2 hasilnya 12,5
- =10+15*3 hasilnya 55
- =(10+15)*3 hasilnya 75
Perlu diingat
bahwa proses penghitungan dilakukan dengan cara mendahulukanderajad perhitungan
yang lebih tinggi, yaitu perkalian dan pembagian dihitung lebihdahulu daripada
penjumlahan dan pengurangan.2.
Menggunakan
Alamat Relatif dan AbsolutPada saat membuat atau menyelesaikan lembar kerja
dengan Microsoft Excel makakita sering menggunakan alamat relatif dan
sekali-sekali menggunakan alamat Absolut.a.
Alamat Sel
Relatif Alamat relatif adalah alamat sel yang berisikan data formula
(rumus), yakni datadi dalam suatu sel yang diperoleh dengan memasukkan rumus.
Data formula bisadilihat pada worksheet akan tampak berupa angka, tetapi
apabila dilihat pada formulabar, yang terlihat adalah rumusnya.b.
Alamat Sel
AbsolutYang dimaksud dengan alamat absolut adalah alamat sel lembar kerja
yangbersifat tetap. Bila dilakukan pengopian atau pemindahan lembar kerja maka
seltersebut tidak akan bergeser (tetap pada tempatnya).3.
Fungsi
StatistikaAda beberapa fungsi statistika yang sering digunakan pada saat
bekerja denganMicrosoft Excel. Fungsi-fungsi yang dimaksud, antara lain sebagai
berikut :
a. =SUM(range) : Menjumlahkan
data dalam range
b. =AVERAGE(range) : Mencari rata-rata data dalamrange
c. =MAX(range) : Mencari
data tertinggi dalam range
d. =MIN(range) : Mencari
data terendah dalam range
e. =VAR(range) : Mencari
nilai variance dalam range
f. =STDEV(range) : Mencari
standar deviasi dalam range
sampel data
g.
=COUNT(range) : Mencari
banyaknya data dalam range
4. DATE Fungsi ini digunakan untuk
menampilkan angka seri dari suatu data tanggal. Bentukumum pemasukan data
tanggal adalah sebagai berikut :
=DATE(Tahun,
Bulan, Tanggal)
Contoh :Untuk
menuliskan tanggal 17 Juli 1967, caranya adalah: =DATE(67,07,17) atau
diketiklangsung: 17-Jul-67.
1) Fungsi = DAY
Digunakan
untuk menampilkan angka tanggal dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi
data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =DAY(A1) adalah17.
2) Fungsi = MONTH
Digunakan
untuk menampilkan angka bulan dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi
data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =MONTH(A1)adalah 7.
3) Fungsi = YEAR
Digunakan
untuk menampilkan angka tahun dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi
data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =YEAR(A1)adalah 67.
4) Fungsi = WEEKDAY
Digunakan
untuk menampilkan angka hari dalam satu minggu (pekan). Urutan angkadan nama
hari adalah sebagai berikut:
Angka Nama Hari
1 Minggu (Sunday)
2 Senin (Monday)
3 Selasa (Tuesday)
4 Rabu (Wednesday)
5 Kamis (Thursday)
6 Jumat (Friday)
7 Sabtu (Saturday)Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka
hasil dari fungsi =WEEKDAY(A1)adalah 2.
5. Fungsi =TIME
Fungsi ini
digunakan untuk melakukan perhitungan waktu yang diwakili dengan angka. Angka
yang mewakili waktu adalah angka pecahan yang berkisar antara 0 dan 1.Jam 0.00
tengah malam diwakili oleh 0. Jam 06.00 pagi oleh 0,25. Jam 12.00 siang oleh
0,5.Jam 18.00 sore oleh 0,75. Bentuk umum dari fungsi =TIME adalah:
=TIME(Jam,Menit,Detik)
Dalam
mengetikkan waktu, Anda sebaiknya menggunakan sistem 24 jam, artinya jam 4
sore kita tulis 16.00.Misal: =TIME(12,0,0), artinya jam 12 siang, memberikan nilai 0,5=TIME(18,0,0), artinya jam 6 sore,
memberikan nilai 0,75
6. Fungsi = IF
Fungsi ini
digunakan untuk menguji kebenaran isi sel lembar kerja. Bentuk umumdari fungsi
=IF adalah:
=IF(Ekspresi
logika,Pilihan1,Pilihan2)
Jika dalam
menguji isi sel lembar kerja dinyatakan benar, maka yang diambil
adalah”Pilihan1”, tetapi jika tidak yang diambil “Pilihan2”
Contoh:1)
=IF(A1=L,Laki-laki,Perempuan)Artinya, jika sel A1 berisi L maka pilihannya Laki-laki, Jika tidak L maka pilihannyaadalah Perempuan.2)
=IF(B5>=6,Lulus,Mengulang)Artinya, Jika sel B5 nilainya >=6
maka jawabannya Lulus, jika tidak jawabannya adalahMengulang.7.
Fungsi
TeksTeks adalah data yang berjenis label (karakter atau huruf). Microsoft Excel
banyakmempunyai fungsi yang berhubungan dengan data label, seperti : Left, Mid,
Right, Upper,Lower, dan Proper.
a. Fungsi =LEFT(String,n)
Untuk mengambil
karakter dari sebelah kiri pada string. n, menunjukkan
jumlahkarakter yang diambil.
Contoh :=LEFT(Komputer,5) Enter, hasilnya : Kompu=LEFT(A1,3) Enter, hasilnya : Mic (jika A1 berisi Microsoft)
b. Fungsi =RIGHT(String,n)
Untuk
mengambil karakter dari sebelah kanan pada string. n, menunjukkan
jumlahkarakter yang diambil.
Contoh
:=RIGHT(Komputer,4) Enter, hasilnya : uter=RIGHT(A1,7) Enter, hasilnya : crosoft (jika A1 berisi Microsoft)
c. Fungsi =MID(String,n1,n2)
Untuk
mengambil karakter di tengah pada string
yang dimulai
dari n1sebanyak
n2.
Contoh :=MID(Komputer,4,3) Enter, hasilnya : put=MID(A1,3,4) Enter, hasilnya : cros (jika A1 berisi Microsoft)
8.Fungsi
Pembacaan Tabel
Microsoft
Excel menyediakan fasilitas pembacaan tabel. Tabel disini berfungsi
untukmemandu pengisian lembar kerja.
a. Fungsi
=VLOOKUP
Fungsi ini
digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus(vertikal).
Bentuk umum dari fungsi =VLOOKUP adalah sebaagi berikut :
=VLOOKUP(Sel
Kunci,Range Tabel,Offset Kolom)
Sel kunci
adalah kolom yang menjadi kunci dalam pembacaan tabel data.
RangeTable adalah daerah yang disorot (range) pada tabel pembanding. Offset kolom
adalah kolomyang akan dibaca pada tabel data.
B. Fungsi
=HLOOKUP
Fungsi ini
digunakan untuk membaca data yang disusun secara mendatar (horizontal).Adapun
bentuk umumnya :
= HLOOKUP(Sel
Kunci,Range Tabel,Offset Baris
MATERI MICROSOFT
EXCEL1.
Memasukkan
formulaMicrosoft Excel sering digunakan untuk membuat lembar kerja yang
banyakmenggunakan perhitungan maupun pengujian isi suatu sel lembar kerja.
Dalam melakukanperhitungan maupun pengujian tersebut, rumus yang banyak dipakai
adalah rumusmatematika, rumus statistika, dan operator logika.Beberapa operator
matematika yang sering digunakan untuk melakukanperhitungan, antara lain :
- + (plus) : penjumlahan
- (minus) : pengurangan
- * (kali) : perkalian
- / (bagi) : pembagian
- ^ (pangkat) : pemangkatan
- SQRT : akar kuadrat
Untuk
menggunakan semua fungsi di dalam Excel, Anda harus mengawalinya denganmenekan
tanda sama dengan ( = ), misalnya:
- =5*4-3 hasilnya 17
- =5*(4-3) hasilnya 5
- =10+15/2 hasilnya 17,5
- =(10+15)/2 hasilnya 12,5
- =10+15*3 hasilnya 55
- =(10+15)*3 hasilnya 75
Perlu diingat
bahwa proses penghitungan dilakukan dengan cara mendahulukanderajad perhitungan
yang lebih tinggi, yaitu perkalian dan pembagian dihitung lebihdahulu daripada
penjumlahan dan pengurangan.2.
Menggunakan
Alamat Relatif dan AbsolutPada saat membuat atau menyelesaikan lembar kerja
dengan Microsoft Excel makakita sering menggunakan alamat relatif dan
sekali-sekali menggunakan alamat Absolut.a.
Alamat Sel
Relatif Alamat relatif adalah alamat sel yang berisikan data formula
(rumus), yakni datadi dalam suatu sel yang diperoleh dengan memasukkan rumus.
Data formula bisadilihat pada worksheet akan tampak berupa angka, tetapi
apabila dilihat pada formulabar, yang terlihat adalah rumusnya.b.
Alamat Sel
AbsolutYang dimaksud dengan alamat absolut adalah alamat sel lembar kerja
yangbersifat tetap. Bila dilakukan pengopian atau pemindahan lembar kerja maka
seltersebut tidak akan bergeser (tetap pada tempatnya).3.
Fungsi
StatistikaAda beberapa fungsi statistika yang sering digunakan pada saat
bekerja denganMicrosoft Excel. Fungsi-fungsi yang dimaksud, antara lain sebagai
berikut :
a. =SUM(range) : Menjumlahkan
data dalam range
b. =AVERAGE(range) : Mencari rata-rata data dalamrange
c. =MAX(range) : Mencari
data tertinggi dalam range
d. =MIN(range) : Mencari
data terendah dalam range
e. =VAR(range) : Mencari
nilai variance dalam range
f. =STDEV(range) : Mencari
standar deviasi dalam range
sampel data
g.
=COUNT(range) : Mencari
banyaknya data dalam range
4. DATE Fungsi ini digunakan untuk
menampilkan angka seri dari suatu data tanggal. Bentukumum pemasukan data
tanggal adalah sebagai berikut :
=DATE(Tahun,
Bulan, Tanggal)
Contoh :Untuk
menuliskan tanggal 17 Juli 1967, caranya adalah: =DATE(67,07,17) atau
diketiklangsung: 17-Jul-67.
1) Fungsi = DAY
Digunakan
untuk menampilkan angka tanggal dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi
data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =DAY(A1) adalah17.
2) Fungsi = MONTH
Digunakan
untuk menampilkan angka bulan dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi
data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =MONTH(A1)adalah 7.
3) Fungsi = YEAR
Digunakan
untuk menampilkan angka tahun dalam data tanggal.Contoh : Jika sel A1 berisi
data tanggal 17-Jul-67 maka hasil dari fungsi =YEAR(A1)adalah 67.
4) Fungsi = WEEKDAY
Digunakan
untuk menampilkan angka hari dalam satu minggu (pekan). Urutan angkadan nama
hari adalah sebagai berikut:
Angka Nama Hari
1 Minggu (Sunday)
2 Senin (Monday)
3 Selasa (Tuesday)
4 Rabu (Wednesday)
5 Kamis (Thursday)
6 Jumat (Friday)
7 Sabtu (Saturday)Contoh : Jika sel A1 berisi data tanggal 17-Jul-67 maka
hasil dari fungsi =WEEKDAY(A1)adalah 2.
5. Fungsi =TIME
Fungsi ini
digunakan untuk melakukan perhitungan waktu yang diwakili dengan angka. Angka
yang mewakili waktu adalah angka pecahan yang berkisar antara 0 dan 1.Jam 0.00
tengah malam diwakili oleh 0. Jam 06.00 pagi oleh 0,25. Jam 12.00 siang oleh
0,5.Jam 18.00 sore oleh 0,75. Bentuk umum dari fungsi =TIME adalah:
=TIME(Jam,Menit,Detik)
Dalam
mengetikkan waktu, Anda sebaiknya menggunakan sistem 24 jam, artinya jam 4
sore kita tulis 16.00.Misal: =TIME(12,0,0), artinya jam 12 siang, memberikan nilai 0,5=TIME(18,0,0), artinya jam 6 sore,
memberikan nilai 0,75
6. Fungsi = IF
Fungsi ini
digunakan untuk menguji kebenaran isi sel lembar kerja. Bentuk umumdari fungsi
=IF adalah:
=IF(Ekspresi
logika,Pilihan1,Pilihan2)
Jika dalam
menguji isi sel lembar kerja dinyatakan benar, maka yang diambil
adalah”Pilihan1”, tetapi jika tidak yang diambil “Pilihan2”
Contoh:1)
=IF(A1=L,Laki-laki,Perempuan)Artinya, jika sel A1 berisi L maka pilihannya Laki-laki, Jika tidak L maka pilihannyaadalah Perempuan.2)
=IF(B5>=6,Lulus,Mengulang)Artinya, Jika sel B5 nilainya >=6
maka jawabannya Lulus, jika tidak jawabannya adalahMengulang.7.
Fungsi
TeksTeks adalah data yang berjenis label (karakter atau huruf). Microsoft Excel
banyakmempunyai fungsi yang berhubungan dengan data label, seperti : Left, Mid,
Right, Upper,Lower, dan Proper.
a. Fungsi =LEFT(String,n)
Untuk mengambil
karakter dari sebelah kiri pada string. n, menunjukkan
jumlahkarakter yang diambil.
Contoh :=LEFT(Komputer,5) Enter, hasilnya : Kompu=LEFT(A1,3) Enter, hasilnya : Mic (jika A1 berisi Microsoft)
b. Fungsi =RIGHT(String,n)
Untuk
mengambil karakter dari sebelah kanan pada string. n, menunjukkan
jumlahkarakter yang diambil.
Contoh
:=RIGHT(Komputer,4) Enter, hasilnya : uter=RIGHT(A1,7) Enter, hasilnya : crosoft (jika A1 berisi Microsoft)
c. Fungsi =MID(String,n1,n2)
Untuk
mengambil karakter di tengah pada string
yang dimulai
dari n1sebanyak
n2.
Contoh :=MID(Komputer,4,3) Enter, hasilnya : put=MID(A1,3,4) Enter, hasilnya : cros (jika A1 berisi Microsoft)
8.Fungsi
Pembacaan Tabel
Microsoft
Excel menyediakan fasilitas pembacaan tabel. Tabel disini berfungsi
untukmemandu pengisian lembar kerja.
a. Fungsi
=VLOOKUP
Fungsi ini
digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus(vertikal).
Bentuk umum dari fungsi =VLOOKUP adalah sebaagi berikut :
=VLOOKUP(Sel
Kunci,Range Tabel,Offset Kolom)
Sel kunci
adalah kolom yang menjadi kunci dalam pembacaan tabel data.
RangeTable adalah daerah yang disorot (range) pada tabel pembanding. Offset kolom
adalah kolomyang akan dibaca pada tabel data.
B. Fungsi
=HLOOKUP
Fungsi ini
digunakan untuk membaca data yang disusun secara mendatar (horizontal).Adapun
bentuk umumnya :
= HLOOKUP(Sel
Kunci,Range Tabel,Offset Baris
Download Klik DiahNurAwaliyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar